Langsung ke konten utama

Konsep Permodelan dan Desain Grafis Perangkat Bergerak

Konsep Permodelan Desain Grafis
     Terdapat 5 konsep permodelan pada desain grafis yang dibutuhkan agar desain grafis menghasilkan karya yang bagus dan berkualitas.

  • Kesederhanaan
     Banyak pakar desain grafis menyarankan konsep ini dalam pekerjaan desain grafis. Konsep ini dapat digunakan atau diterapkan dengan menggunakan elemen ruang kosong ( white space ) dan tidak menggunakan banyak unsur - unsur aksesoris dan penggunaannya seperlunya saja.
  • Keseimbangan
     Adalah suatu keadaan atau kesamaan antara kekuatan yang saling berhadapan dan menimbulkan adanya kesan seimbang secara visual. Prinsip pada keseimbangan ada dua, yaitu kesimbangan formal ( simetris ) dan keseimbangan informal.
  • Kesatuan
     Adalah kohesi, konsistensi, ketunggalan atau keutuhan yang merupakan isi pokok dari komposisi. Contohnya adalah ilustras, garis, dan teks diberi raster sehingga memberikan kesan kesatuan terhadap pesan yang dimaksud.
  • Penekanan
     Penekanan disini dimaksud untuk menarik perhatian agar ingin melihat desain yang dimaksud.
  • Irama
     Merupakan selisih antara dua wujud yang terletak pada ruang serupa dengan interval waktu antara dua nada music beruntun yang sama dan merupakan pengulangan unsur - unsur pendukung karya seni.

Elemen pada Desain Grafis

     Terdapat 9 elemen pada desain grafis yang dibutuhkan agar desain grafis menghasilkan karya yang bagus dan berkualitas.
  • Garis
     Sebuah garis adalah unsur desain yang menghubungkan satu titik poin dengan titik poin yang lainnya sehingga bisa berbentuk gambar garis lengkung ( curve ) atau lurus ( straight ).
  • Bentuk
     Sesuatu yang memiliki diameter tinggi dan lebar.
  • Huruf
     Sesuatu yang dipresentasikan dalam bentuk visual yang dapat digunakan untuk membentuk sebuah tulisan sebagai bahasa verbal dengan bentuk visual langsung seperti A, B, C, dll.
  • Simbol
     Sesuatu yang dipresentasikan dalam bentuk visual yang mewakili bentuk benda secara sederhana dan dapat dipahami secara umum sebagai lambang untuk menggambarkan suatu bentuk benda nyata. Misal gambar manusia, hewan, bulan, matahari dalam bentuk simbol dan bukan dalam bentuk nyata/detail.
  • Bentuk Nyata
     Bentuk ini nyata dan mencerminkan kondisi fisik dari suatu objek. Seperti gambar manusia secara detail, hewan,  dan benda lainnya.
  • Tekstur
     Tampilan permukaan dari suatu yang dapat dinilai dengan cara dilihat atau diraba.
  • Ruang
     Merupakan jarak antara suatu bentuk dengan bentuk lainnya, ini dapat dijadikan unsur untuk memberi efek estetika desain dan dinamika desain grafis.
  • Ukuran
     Merupakan unsur lain dalam desain grafis yang mendefinisikan besar kecilnya suatu objek.
  • Warna
     Dengan menggunakan warna dapat menampilkan identitas dari desain tersebut, menyampaikan pesan atau membedakan sifat dari bentuk - bentuk visual secara jelas.

     2. Desain Grafis untuk Perangkat Bergerak

     Desain grafis dalam perangkat bergerak sangat dibutuhkan agar tampilannya menjadi menarik. Dalam membuat perangkat bergerak saat ini banyak menggunakan android studio untuk membuat aplikasi dan desainnya menggunakan software yang terdapat 4 jenis layout utama dalam membuat perangkat bergerak. Menggunakan 4 jenis layout, yaitu Linear Layout, Relative Layout, Frame Layout, dan Grid Layout.

3. 3 Jenis Software Desain Perangkat Bergerak

  • Adobe Photoshop
  • Adobe Illustrator
  • Inkscape

Referensi :


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Percabangan dan Perulangan pada Python

PERCABANGAN PADA PYTHON Kondisi If            Digunakan untuk mengeksekusi kode jika kondisinya true. Berikut contoh program : Outputnya adalah Anda Lulus. Kondisi If Else           Digunakan untuk mengambil 2 keputusan. Berikut contoh program dan output : Kondisi If Elif Else           Digunakan untuk mengambil lebih dari 2 keputusan. Berikut contoh program dan output : PERULANGAN PADA PYTHON For         Perulangan / Looping yang dapat mengulangi dari urutan manapun seperti list atau string. Berikut contoh program dan output :  While           Statement akan dieksekusi selama kondisi bernilai benar atau true. Berikut contoh program dan output :    Nasted Loop           Perulangan yang berada didalam perulangan lainnya.

Laporan Observasi Keluarga Miskin

Laporan Observasi Keluarga Miskin Daerah kp200, Kelurahan Margajaya, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi Disusun oleh: Nanda Naufal RA 54417418 1IA21 Universitas Gunadarma  2018 BAB 1 I. Pendahuluan A. Latar Belakang      Kemiskinan merupakan masalah utama yang dihadapi oleh setiap negara, baik dinegara maju maupun berkembang seperti Indonesia. Kemiskinan secara gamblang tersebar luas di pedesaan, pesisir dan bahkan di perkotaan. Kemiskinan bersifat multidimensi yang diartikan disebabkan karena berbagai faktor.  Kemiskinan dapat berupa kekurangan pangan, sandang, dan papan.       Kemiskinan saat ini memang merupakan suatu kendala dalam masyarakat ataupun dalam ruang lingkup yang lebih luas. Kemiskinan menjadi masalah sosial karena ketika kemiskinan mulai merabah atau bertambah banyak maka angka kriminalitas yang ada akan meningkat. Banyak orang saat ini menerjemahkan kemiskinan sebagai pangkal penyebab masalah sosial dan ekonomi. B. Tuju