Konsep Permodelan Desain Grafis
Terdapat 5 konsep permodelan pada desain grafis yang dibutuhkan agar desain grafis menghasilkan karya yang bagus dan berkualitas.
Banyak pakar desain grafis menyarankan konsep ini dalam pekerjaan desain grafis. Konsep ini dapat digunakan atau diterapkan dengan menggunakan elemen ruang kosong ( white space ) dan tidak menggunakan banyak unsur - unsur aksesoris dan penggunaannya seperlunya saja.
Adalah suatu keadaan atau kesamaan antara kekuatan yang saling berhadapan dan menimbulkan adanya kesan seimbang secara visual. Prinsip pada keseimbangan ada dua, yaitu kesimbangan formal ( simetris ) dan keseimbangan informal.
Adalah kohesi, konsistensi, ketunggalan atau keutuhan yang merupakan isi pokok dari komposisi. Contohnya adalah ilustras, garis, dan teks diberi raster sehingga memberikan kesan kesatuan terhadap pesan yang dimaksud.
Penekanan disini dimaksud untuk menarik perhatian agar ingin melihat desain yang dimaksud.
Merupakan selisih antara dua wujud yang terletak pada ruang serupa dengan interval waktu antara dua nada music beruntun yang sama dan merupakan pengulangan unsur - unsur pendukung karya seni.
Elemen pada Desain Grafis
Terdapat 9 elemen pada desain grafis yang dibutuhkan agar desain grafis menghasilkan karya yang bagus dan berkualitas.
Sebuah garis adalah unsur desain yang menghubungkan satu titik poin dengan titik poin yang lainnya sehingga bisa berbentuk gambar garis lengkung ( curve ) atau lurus ( straight ).
Sesuatu yang memiliki diameter tinggi dan lebar.
Sesuatu yang dipresentasikan dalam bentuk visual yang dapat digunakan untuk membentuk sebuah tulisan sebagai bahasa verbal dengan bentuk visual langsung seperti A, B, C, dll.
Sesuatu yang dipresentasikan dalam bentuk visual yang mewakili bentuk benda secara sederhana dan dapat dipahami secara umum sebagai lambang untuk menggambarkan suatu bentuk benda nyata. Misal gambar manusia, hewan, bulan, matahari dalam bentuk simbol dan bukan dalam bentuk nyata/detail.
Bentuk ini nyata dan mencerminkan kondisi fisik dari suatu objek. Seperti gambar manusia secara detail, hewan, dan benda lainnya.
Tampilan permukaan dari suatu yang dapat dinilai dengan cara dilihat atau diraba.
Merupakan jarak antara suatu bentuk dengan bentuk lainnya, ini dapat dijadikan unsur untuk memberi efek estetika desain dan dinamika desain grafis.
Merupakan unsur lain dalam desain grafis yang mendefinisikan besar kecilnya suatu objek.
Dengan menggunakan warna dapat menampilkan identitas dari desain tersebut, menyampaikan pesan atau membedakan sifat dari bentuk - bentuk visual secara jelas.
2. Desain Grafis untuk Perangkat Bergerak
Desain grafis dalam perangkat bergerak sangat dibutuhkan agar tampilannya menjadi menarik. Dalam membuat perangkat bergerak saat ini banyak menggunakan android studio untuk membuat aplikasi dan desainnya menggunakan software yang terdapat 4 jenis layout utama dalam membuat perangkat bergerak. Menggunakan 4 jenis layout, yaitu Linear Layout, Relative Layout, Frame Layout, dan Grid Layout.
3. 3 Jenis Software Desain Perangkat Bergerak
Referensi :
Komentar
Posting Komentar