Langsung ke konten utama

Konsep Permodelan dan Desain Grafis Perangkat Bergerak

Konsep Permodelan Desain Grafis
     Terdapat 5 konsep permodelan pada desain grafis yang dibutuhkan agar desain grafis menghasilkan karya yang bagus dan berkualitas.

  • Kesederhanaan
     Banyak pakar desain grafis menyarankan konsep ini dalam pekerjaan desain grafis. Konsep ini dapat digunakan atau diterapkan dengan menggunakan elemen ruang kosong ( white space ) dan tidak menggunakan banyak unsur - unsur aksesoris dan penggunaannya seperlunya saja.
  • Keseimbangan
     Adalah suatu keadaan atau kesamaan antara kekuatan yang saling berhadapan dan menimbulkan adanya kesan seimbang secara visual. Prinsip pada keseimbangan ada dua, yaitu kesimbangan formal ( simetris ) dan keseimbangan informal.
  • Kesatuan
     Adalah kohesi, konsistensi, ketunggalan atau keutuhan yang merupakan isi pokok dari komposisi. Contohnya adalah ilustras, garis, dan teks diberi raster sehingga memberikan kesan kesatuan terhadap pesan yang dimaksud.
  • Penekanan
     Penekanan disini dimaksud untuk menarik perhatian agar ingin melihat desain yang dimaksud.
  • Irama
     Merupakan selisih antara dua wujud yang terletak pada ruang serupa dengan interval waktu antara dua nada music beruntun yang sama dan merupakan pengulangan unsur - unsur pendukung karya seni.

Elemen pada Desain Grafis

     Terdapat 9 elemen pada desain grafis yang dibutuhkan agar desain grafis menghasilkan karya yang bagus dan berkualitas.
  • Garis
     Sebuah garis adalah unsur desain yang menghubungkan satu titik poin dengan titik poin yang lainnya sehingga bisa berbentuk gambar garis lengkung ( curve ) atau lurus ( straight ).
  • Bentuk
     Sesuatu yang memiliki diameter tinggi dan lebar.
  • Huruf
     Sesuatu yang dipresentasikan dalam bentuk visual yang dapat digunakan untuk membentuk sebuah tulisan sebagai bahasa verbal dengan bentuk visual langsung seperti A, B, C, dll.
  • Simbol
     Sesuatu yang dipresentasikan dalam bentuk visual yang mewakili bentuk benda secara sederhana dan dapat dipahami secara umum sebagai lambang untuk menggambarkan suatu bentuk benda nyata. Misal gambar manusia, hewan, bulan, matahari dalam bentuk simbol dan bukan dalam bentuk nyata/detail.
  • Bentuk Nyata
     Bentuk ini nyata dan mencerminkan kondisi fisik dari suatu objek. Seperti gambar manusia secara detail, hewan,  dan benda lainnya.
  • Tekstur
     Tampilan permukaan dari suatu yang dapat dinilai dengan cara dilihat atau diraba.
  • Ruang
     Merupakan jarak antara suatu bentuk dengan bentuk lainnya, ini dapat dijadikan unsur untuk memberi efek estetika desain dan dinamika desain grafis.
  • Ukuran
     Merupakan unsur lain dalam desain grafis yang mendefinisikan besar kecilnya suatu objek.
  • Warna
     Dengan menggunakan warna dapat menampilkan identitas dari desain tersebut, menyampaikan pesan atau membedakan sifat dari bentuk - bentuk visual secara jelas.

     2. Desain Grafis untuk Perangkat Bergerak

     Desain grafis dalam perangkat bergerak sangat dibutuhkan agar tampilannya menjadi menarik. Dalam membuat perangkat bergerak saat ini banyak menggunakan android studio untuk membuat aplikasi dan desainnya menggunakan software yang terdapat 4 jenis layout utama dalam membuat perangkat bergerak. Menggunakan 4 jenis layout, yaitu Linear Layout, Relative Layout, Frame Layout, dan Grid Layout.

3. 3 Jenis Software Desain Perangkat Bergerak

  • Adobe Photoshop
  • Adobe Illustrator
  • Inkscape

Referensi :


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kebanggaan Kepada Bpk B.J. Habibie

Bapak B.J. Habibie Presiden Ketiga Republik Indonesia Disusun Oleh: Nanda Naufal R.A 54417418 2IA20 Universitas Gunadarma 2018           Kali ini saya akan sedikit memberikan informasi mengenai Bapak Presiden ketiga Indonesia yaitu Bapak B.J. Habibie. Yang dapat saya katakan sebagai salah satu orang yang saya banggakan karena keberhasilan beliau yang banyak mengandung motivasi untuk selalu semangat dalam menuntut ilmu pendidikan. Saya mendapatkan dari website  biografiku  sebagai referensi untuk menyelesaikan tugas kuliah.           Nama lengkap beliau adalah Prof. DR ( HC ). Ing. Dr. Sc. Mult. H. Bacharuddin Jusuf Habibie, beliau lahir di kota pare-pare pada tanggal 25 Juni 1936. Beliau anak keempat dari delapan bersaudara dari pasangan Bapak Alwi Abdul Jalil Habibie dan RA. Tuti Marini Puspowardojo.           Yang saya banggakan dari B.J Habibie kecil yaitu dik...

Bahasa Pemrograman Python

          Pengertian & Sejarah Python           Python adalah bahasa pemrograman dinamis yang mendukung pemrograman berbasis objek, yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan pengembangan perangkat lunak, serta dapat berjalan di berbagai sistem operasi seperti Windows, Linux/Unix, dan MAC OS.           Python dikembangkan oleh Guido Van Rossum pada tahun 1990 di CWI, Amsterdam sebagai kelanjutan dari bahasa pemrograman ABC. Saat ini pengembangan Python dikoordinir oleh Guido Van Rossum dan Python Software Foundation. Nama python sendiri diambil oleh Guido karena kecintaan ia kepada acara televisi yaitu Montly Python's Flying Circus. Versi terbaru python sudah dirilis pada tanggal 20 Oktober 2018 dengan versi 3.7.1. Syntax Dasar             Syntax dasar pada Python adalah untuk mencetak, dan dalam mencetak output dalam python hanya perlu menggunakan pri...