Langsung ke konten utama

Proses dan Teknik Desain Grafis

A. Proses dan Teknik Mendesain Model Grafis


  • Proses Berfikir
     Proses berfikir dalam mendesain merupakan sebuah upaya menumbuhkan inovasi dengan berpusat pada sifat, perilaku dan etos manusia. Pemahaman akan keseluruhan melalui observasi untuk mengetahui apa yang disukai dan yang tidak disukai oleh konsumen. Desain tidak semata mengenai layout dari sebuah desain, desain adalah bagaimana kita berfikir dari awal - proses - pembentukan - hingga menjadi sebuah karya.

  • Konsep Pemecahan Masalah
     Dalam memecahkan masalah desain dibutuhkan sebuah konsep yang akan memimpin jalan untuk memberikan arahan terhadap keputusan desain. Mengembangkan sebuah ide kecil yang akan menjadi ide yang menarik. Sebelum mengembangkan ide tersebut, lihat pokok - pokok permasalahan.
     Setelah mendefinisikan macam - macam permasalahan, tentukan pemecahan permasalahan tersebut untuk desain yang akan dibuat. Point - point analisis dibutuhkan untuk mengembangkan desain yang ingin dibuat sebagai pemecah permasalahan. Point - point tersebut :
  1. Apa merk klien?
  2. Siapa pelanggan merk klien?
  • Proses Desain Grafis

Pengumpulan Materi
     Pengumpulan materi atau data digunakan untuk mengetahui atau memperoleh informasi yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Dalam desain grafis yang wajib diperoleh adalah apa kebutuhan klien tersebut.

Analisis Strategi
     Analisis lingkungan eksternal dan internal yang dibutuhkan sebagai ide untuk membuat sebuah karya yang diinginkan.

Desain Dasar
     Merupakan elemen yang dijadikan bahan utama sebuah desain dan memadukan elemen tersebut agar memiliki keseimbangan, kontras, kedekatan, penjajaran, pengulangan dan jarak.

Konsep Visual
     Faktor yang membuat desain menarik secara visual, yaitu pemilihan warna, layout, dan finishing.

Implementasi
     Kegiatan yang dilakukan untuk menguatkan atau mengeksekusi ide yang sudah ditentukan.


B. Identifikasi Kebutuhan Pengguna Terhadap Desain Grafis

  • Permodelan Desain Grafis Dalam Kehidupan Sehari-hari     

     Dalam kehidupan sehari-hari desain grafis memudahkan dalam menyampaikan informasi dan menarik untuk disampaikan. Manfaat desain grafis dalam kehidupan sehari-hari adalah :

  1. Menyajikan presentasi kerja dengan desain grafis
  2. Menciptakan brending didunia bisnis
  3. Memperkenalkan kepada masyarakat mengenai desain grafis
  • Teknik Pemecahan Masalah Dalam Desain Grafis
     Teknik yang digunakan dalam pemecahan masalah adalah :
  1. Memahami masalah atau kebutuhan yang diberikan klien
  2. Menganalisa masalah atau kebutuhan tersebut
  3. Mengukur kemampuan dalam melakukan pemecahan masalah tersebut
  4. Mengumpulkan ide yang dibutuhkan dalam proses pemecahan masalah
  5. Berkonsultasi kepada rekan kerja atau mencari referensi untuk menangani masalah tersebut
  6. Mengambil keputusan untuk menyelesaikan masalah tersebut
C. Kebutuhan Pengguna Dalam Model Desain Grafis
     Berikut contoh perangkat lunak yang digunakan desain grafis
     Kelebihan 
  1. Fitur cukup lengkap
  2. Bagus untuk pembuatan ilustrasi, logo, dan vektor image
  3. Kemampuan load file besar diatas 50mb
     Kekurangan  
  1. Walaupun fitur lengkap, cukup rumit untuk mengerjakan layout
  2. Tidak user friendly
     Kelebihan
  1. Memanipulasi foto
  2. Terdapat banyak tools desain
  3. Membuat tulisan dengan efek
     Kekurangan  
  1. Penggunaan layer yang banyak
  2. Size file yang besar
  3. User interface sering berubah
     Kelebihan
  1. Proses ringan & cepat
  2. Terdapat banyak tools desain
  3. Kemampuan load file besar diatas 50mb
     Kekurangan  
  1. Walaupun fitur lengkap, cukup rumit untuk mengerjakan layout
  2. Tidak user friendly
  3. Gambar yang dihasilkan tidak realistis
     Kelebihan
  1. Interface yang menarik dan simple
  2. Tools desain yang mudah diingat
  3. Aplikasi 3D yang sangat ringan untuk komputer standar
     Kekurangan  
  1. Susah dalam pemodelan tingkat lanjut
  2. Sering crash jika terdapat banyak permukaan patch dan vertex
Referensi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Percabangan dan Perulangan pada Python

PERCABANGAN PADA PYTHON Kondisi If            Digunakan untuk mengeksekusi kode jika kondisinya true. Berikut contoh program : Outputnya adalah Anda Lulus. Kondisi If Else           Digunakan untuk mengambil 2 keputusan. Berikut contoh program dan output : Kondisi If Elif Else           Digunakan untuk mengambil lebih dari 2 keputusan. Berikut contoh program dan output : PERULANGAN PADA PYTHON For         Perulangan / Looping yang dapat mengulangi dari urutan manapun seperti list atau string. Berikut contoh program dan output :  While           Statement akan dieksekusi selama kondisi bernilai benar atau true. Berikut contoh program dan output :    Nasted Loop           Perulangan yang berada didalam perulangan lainnya.

Laporan Observasi Keluarga Miskin

Laporan Observasi Keluarga Miskin Daerah kp200, Kelurahan Margajaya, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi Disusun oleh: Nanda Naufal RA 54417418 1IA21 Universitas Gunadarma  2018 BAB 1 I. Pendahuluan A. Latar Belakang      Kemiskinan merupakan masalah utama yang dihadapi oleh setiap negara, baik dinegara maju maupun berkembang seperti Indonesia. Kemiskinan secara gamblang tersebar luas di pedesaan, pesisir dan bahkan di perkotaan. Kemiskinan bersifat multidimensi yang diartikan disebabkan karena berbagai faktor.  Kemiskinan dapat berupa kekurangan pangan, sandang, dan papan.       Kemiskinan saat ini memang merupakan suatu kendala dalam masyarakat ataupun dalam ruang lingkup yang lebih luas. Kemiskinan menjadi masalah sosial karena ketika kemiskinan mulai merabah atau bertambah banyak maka angka kriminalitas yang ada akan meningkat. Banyak orang saat ini menerjemahkan kemiskinan sebagai pangkal penyebab masalah sosial dan ekonomi. B. Tuju